spot_img
HomePolitikGolkar Siap Tentukan Ketua Umum Baru dalam Munas 2024

Golkar Siap Tentukan Ketua Umum Baru dalam Munas 2024

LensaBerita – Partai Golkar menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) dan musyawarah nasional (munas) di Jakarta Convention Center pada Selasa, 20 Agustus 2024. Acara ini berlangsung setelah Airlangga Hartarto mengundurkan diri sebagai ketua umum Partai Golkar pekan lalu. Sekretaris Panitia Penyelenggara, Ace Hasan Syadzily, menyatakan bahwa rapimnas akan dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum, Agus Gumiwang Kartasasmita, pada pukul 08.00 pagi.

Rapimnas dihadiri oleh pengurus pusat, 38 DPD tingkat provinsi, serta organisasi sayap Golkar. Agenda utama rapimnas adalah pengesahan pengunduran diri Airlangga Hartarto dan pengangkatan Agus Gumiwang sebagai plt ketua umum. Setelah rapimnas, acara akan dilanjutkan dengan Munas Golkar, yang akan berlangsung selama dua hari hingga Rabu, 21 Agustus 2024. Munas ini akan memilih ketua umum baru Partai Golkar.

Presiden Joko Widodo dan presiden terpilih Prabowo Subianto dijadwalkan hadir pada Munas Golkar. Partai Golkar telah menutup pendaftaran calon ketua umum, dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia sebagai calon tunggal. Ridwan Hisjam, satu-satunya calon lain, dinyatakan tidak memenuhi syarat. Meskipun Bahlil menjadi calon tunggal, kemungkinan aklamasi masih belum dipastikan.

“Berdasarkan hasil verifikasi berkas dan persyaratan bakal calon, komite pemilihan menyatakan, berkas pendaftaran bakal calon atas nama Ridwan Hisjam dinyatakan tidak memenuhi persyaratan sebagai calon ketua umum partai Golkar pada Munas XI partai Golkar tahun 2024,” kata Ketua Steering Committee Rapimnas dan Munas Golkar, Adies Kadir di DPP Golkar, Jakarta Barat, Senin (19/8/2024) petang.

Bahlil mengungkapkan keinginannya untuk mengabdi kembali kepada Partai Golkar, yang menurutnya sudah menjadi bagian dari hidupnya. Bahlil juga mengklaim telah mendapatkan dukungan dari 469 pemilik suara dari total 558 suara pada Munas Golkar.

“Saya pikir sudah saatnya sebagai anak yang lahir dari kandungan Golkar, ingin mengabdi kembali kepada ibu yang melahirkan anak itu,” kata Bahlil.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular